Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi. Provinsi ini terdiri dari 21 kabupaten dan 3 kota. Makassar adalah ibu kota provinsi. Sulawesi Selatan memiliki bentang alam yang lengkap mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, pesisir dan perairan. Misalnya Kota Makassar dan Kabupaten Bone yang terletak di dataran rendah; Kabupaten Tana Toraja dan Luwu terletak di dataran tinggi; kota Makassar, Pare-Pare dan Palopo terletak di pesisir; Kabupaten Pangkajene dan Selayar adalah pulau.

Sulawesi Selatan dapat diakses dengan pesawat melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Penerbangan berangkat dari kota-kota besar di Indonesia. Penerbangan internasional berangkat dari Kuala Lumpur dan Singapura. Kapal-kapal yang berlayar dari Jawa, Kalimantan dan Maluku berlabuh di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Ada juga bus lintas Sulawesi yang berangkat dari provinsi-provinsi di Sulawesi.

Sulawesi Selatan memiliki masyarakat yang ramah dengan beragam budaya. Keindahan alamnya terbentang dari pantai hingga pegunungan. Banyak bangunan bersejarah masa penjajahan Belanda yang terpelihara dengan baik. Jadi teman-teman, mari cari tahu tempat wisata terbaik di Sulawesi Selatan Indonesia versi W88.

1. Mengunjungi Pantai Losari

Hal nomor satu yang dapat dilakukan di Sulawesi Selatan adalah mengunjungi Pantai Losari yang terkenal. Pantai merupakan icon kota Makassar yang menjadi kebanggaan masyarakat Makassar. Pantai pinggir jalan ini ramai dikunjungi pada sore dan malam hari.

Baca Juga:  Tips Perjalanan ke Paris yang Menyenangkan

Meski tidak ada pasir putih di Pantai Losari, di sini pengunjung bisa menikmati semilir angin dan keindahan deburan ombak yang memecah tanggul pantai sambil menyaksikan sunset yang menakjubkan. Sore harinya kawasan pantai berubah menjadi wisata kuliner.

Di sepanjang garis pantai berjejer penjual makanan khas Makassar seperti pisang bakar, sop konro, coto Makassar, es palu butung, es pisang ijo dan es susu jahe. Ada juga restoran terapung di dekat pantai yang menyediakan makanan lezat dengan harga terjangkau. Pantai Losari terletak di Jalan Penghibur, Makassar. Ini masuk gratis.

2. Mengunjungi Pantai Akkarena

Yang kedua dalam daftar kami adalah mengunjungi Pantai Akkarena. Di pantai berpasir hitam yang indah ini pohon kelapa berjajar di garis pantai. Suasana yang tenang menenangkan hati dan pikiran. Pengunjung bisa berenang, bermain banana boat, jet ski, kano dan menikmati sunset yang romantis. Ada juga fasilitas outbond, fly spot, dan bangku untuk bersantai.

Setelah berenang atau bermain air, pengunjung dapat membersihkan diri di kamar bilas. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai makanan dan minuman yang dijual di area pantai. Selain itu pengelola Pantai Akkarena menyediakan tempat parkir yang luas untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Pada malam hari pantai ini diramaikan dengan lampu hias dan lampu sorot.

Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota. Pantai Akkarena terletak di Jalan Tanjung Bunga, Makassar. Harga tiket masuknya Rp 10.000. Biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jam buka adalah 6 pagi hingga 10 malam.

Baca Juga:  Tips Perjalanan ke Paris yang Menyenangkan

3. Mengunjungi Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira terletak di ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali atau Lombok. Pantai Tanjung Bira terlihat bersih dan rapi. Pasirnya yang putih memiliki tekstur yang lembut. Air lautnya memiliki gradasi warna biru yang indah. Deretan pohon kelapa dan terumbu karang membuat pantai ini terlihat menakjubkan. Pengunjung bisa berjemur, berenang, menyelam, atau snorkeling.

Tidak perlu repot, mereka bisa menyewa peralatan menyelam di sini. Laut lepas terlihat sejauh mata memandang. Oleh karena itu pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam tanpa hambatan. Di sekitar pantai terdapat penginapan dengan harga yang bervariasi. Pantai Tanjung Bira terletak di Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

4. Mengunjungi Air Terjun Tama’Lulua

Salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan yang populer di media sosial adalah air terjun Tama’Lulua. Air terjun ini memiliki ketinggian mungkin sekitar 100 meter. Dari tempat parkir pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi air terjun.

Sepanjang jalan menanjak dan berbatu pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan bambu dan ladang jagung. Namun segala penat akan terbayar setibanya di air terjun. Deru air terjun dan cipratan air di wajah begitu menyegarkan. Percikan air yang terkena sinar matahari sesekali menciptakan pelangi yang indah.

Baca Juga:  Tips Perjalanan ke Paris yang Menyenangkan

Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersembunyi dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Air Terjun Tama’Lulua terletak di Desa Ramba, Rumbia, Kabupaten Jeneponto. Jaraknya sekitar 90 km dari Makassar atau 3 jam perjalanan. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000. Biaya parkirnya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jam buka adalah 8 pagi hingga 5 sore.

5. Mengunjungi Air Terjun Takapala

Air terjun Takapala menjadi favorit warga Makassar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit yang deras. Aliran air terjun yang deras menghasilkan kabut sehingga terkadang terbentuk pelangi jika terkena sinar matahari.