Laos dikenal dengan daerah pegunungan, arsitektur kolonial Prancis, pemukiman suku bukit, dan biara Buddha. Berpikir untuk mengunjungi? Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum bepergian ke Laos.

Laos memiliki sejarah yang kaya sejak 10.000 tahun yang lalu dan merupakan salah satu negara komunis terakhir yang tersisa di dunia. Dikelilingi oleh Thailand, Myanmar, Cina, Vietnam, dan Kamboja, negara yang terkurung daratan ini masih merupakan permata kecil di Asia Tenggara. Yang terbaik dari semuanya, negara ini tidak ternoda oleh pariwisata massal.

1. Ada Pengaruh Prancis yang Kuat

Laos adalah koloni Prancis sampai tahun 1953, dengan kekuatan Komunis menggulingkan monarki pada tahun 1975. Anda akan melihat pengaruh Prancis di seluruh negeri, terutama di gedung-gedung era kolonial yang indah di Luang Prabang.

Ada juga baguette Prancis yang keras, dan beberapa orang masih berbicara beberapa kata dalam bahasa tersebut.

2. Jangan Pergi Trekking Tanpa Pemandu

Dari tahun 1964-1973 Amerika Serikat menjatuhkan lebih dari 260 juta bom curah, menjadikannya salah satu negara yang paling banyak dibom di dunia. Sementara sebagian besar kawasan wisata telah dibersihkan dari ranjau darat, lebih banyak daerah pedesaan masih merupakan bahaya ranjau darat yang belum meledak. Xieng Khouang adalah provinsi yang paling terkena dampak.

Hanya pergi trekking dengan pemandu lokal yang mengetahui daerah tersebut, dan jangan pernah menyimpang dari jalur yang ditandai.

3. Makan “Happy” Biasanya Berarti Ada Narkoba yang Terlibat

Jangan berharap beberapa mainan McDonald’s. Berhati-hatilah saat memesan sesuatu yang memiliki kata ‘bahagia’ di dalamnya, terutama di Vang Vieng. Happy Mojitos, Happy Pizza, atau Happy Tea semua ini biasanya memiliki semacam jamur psychedelic atau ganja di dalamnya, jadi berhati-hatilah.

4. Negara Adalah Laos Tetapi Orang-Orangnya Adalah Lao

Bingung cara mengucapkan ‘Laos’? Kamu bukanlah satu – satunya! Daerah Laos (berrima dengan blus ; mengucapkan ‘s’) tetapi untuk mengatakan Lao (berima dengan sapi ), Anda dapat menggunakan nama alternatifnya, Republik Demokratik Rakyat Laos. Sederhananya: Orang Lao (sapi) tinggal di Laos (blus).

5. Bepergian di Sekitar Laos Bisa Lambat

Bepergian di sekitar Laos bisa jadi rumit, terutama jika Anda baru pertama kali ke sana. Tapi jangan takut, kami punya semua info yang perlu Anda ketahui di sini. Negara ini tidak begitu terkenal dengan jalan dan transportasi modernnya, tetapi bukankah itu setengah dari kesenangan bepergian?

Laos adalah petualangan nyata, jadi selami saja, tetapi untuk menjelajah lebih jauh, Anda harus mencari bus, kapal, mobil, dan banyak lagi.

6. Bersikap Hormat Jangan Sentuh Siapapun dengan Kaki Anda

Laos adalah negara Buddhis dan Anda harus menghormati budaya di sini. Ini termasuk menutupi saat mengunjungi kuil dan melepas sepatu Anda sebelum memasuki rumah atau bahkan beberapa kafe. Tetapi satu hal penting yang perlu diketahui sebelum bepergian ke Laos adalah sangat tidak sopan jika Anda secara tidak sengaja menginjak seseorang atau mengibaskan kaki Anda dari mereka.

Kaki adalah yang terendah, dan kepalanya tinggi, jadi jangan pernah meletakkan kaki Anda di atas kursi atau meja.

7. Laos Adalah Salah Satu Negara Komunis Terakhir

Kebanyakan orang Laos tinggal di daerah pedesaan, dengan 80% bekerja di pertanian. Negara mempertahankan kontrol yang ketat atas media, dengan semua surat kabar dan media online dikendalikan dan dimiliki oleh negara. Penggunaan online tumbuh, tetapi rendah. Anda tidak boleh berdebat dengan polisi dan tidak melanggar hukum di sini.