Ingatlah hal-hal ini sebelum memasuki kemitraan bisnis.

Sifat tahun 2020 yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pandemi virus corona telah memberi banyak individu kesempatan langka untuk terjun ke dunia wirausaha. Memulai bisnis kecil memungkinkan para profesional berbakat untuk menciptakan penawaran dan layanan yang dibutuhkan oleh konsumen dan menjelajahi peluang karir baru.

Menurut The Wall Street Journal, lebih dari 3,2 juta aplikasi telah diajukan untuk nomor identifikasi pemberi kerja (EIN) pada tahun 2020. Pengajuan ID pajak biasanya menandakan membuat langkah maju yang signifikan dalam bisnis, karena nomor ini digunakan untuk membuka rekening bank bisnis dan mempekerjakan karyawan. Saat pengusaha mengajukan EIN, mereka mengurus aspek hukum lain dari bisnis kecil mereka, termasuk mendaftarkan merek dagang yang diperlukan, memperoleh lisensi bisnis, dan menggabungkan sebagai formasi entitas.

Salah satu formasi bisnis yang sangat populer di kalangan individu yang ingin memulai bisnis dengan orang lain adalah kemitraan. Beberapa pengusaha mungkin telah menggunakan waktu di karantina untuk mengembangkan ide bisnis dengan pasangan seperti anggota keluarga atau teman dekat. Mereka mungkin berencana untuk membentuk kemitraan untuk usaha baru mereka.

Namun, sebelum Anda bekerja sama, ada beberapa aspek penting yang perlu diingat tentang kemitraan bisnis. Ikuti panduan ini sebelum memulai.

1. Meneliti berbagai jenis kemitraan.

Masuk ke bisnis dengan mitra berarti memahami cara di mana mereka ingin menjalankan bisnis, dan sebaliknya. Pembentukan entitas kemitraan hadir dalam beberapa opsi struktur.

Kemitraan umum

Kemitraan umum, jenis kemitraan yang paling umum, menetapkan kesepakatan di seluruh mitra yang menjalankan bisnis. Semua keuntungan, kewajiban dan tugas manajemen harus dibagi rata di antara para mitra.

Baca Juga:  Tips Menggabungkan dan Mengakuisisi Bisnis

Namun, ada satu kelemahan dari kemitraan umum. Entitas ini sering dianggap tidak berbadan hukum. Ini sedikit seperti kepemilikan tunggal karena tidak ada perlindungan kewajiban terbatas. Jika terjadi hutang bisnis, mitra tidak memiliki batasan tanggung jawab pribadi mereka atas hutang bisnis. Mitra perlu menggunakan aset pribadi mereka untuk membayar utang. Daripada mempertaruhkan jenis kewajiban ini, mitra dapat bergabung sebagai jenis kemitraan yang berbeda, seperti kemitraan tanggung jawab terbatas (LLP). Atau, mereka dapat memilih untuk bergabung sebagai perseroan terbatas (LLC).

Kemitraan usaha patungan atau kemitraan diam

Kemitraan usaha patungan memiliki sebagian besar kesamaan yang sama dengan kemitraan umum. Namun, kemitraan usaha patungan berbeda karena bersifat sementara. Jenis kemitraan ini dirancang untuk kedaluwarsa. Biasanya, ini diterapkan untuk mempercepat proses bisnis tertentu atau ketika fase pengembangan selesai.

Kemitraan diam dirancang untuk mitra yang ingin kurang aktif di perusahaan. Dalam kemitraan diam-diam, satu mitra diizinkan untuk bertindak sebagai otot keuangan bisnis. Mereka membantu mengamankan modal dan menjadikan ini fokus utama mereka. Dengan demikian, mereka tidak berpartisipasi dalam operasi sehari-hari perusahaan. Mitra yang berbeda memikul tanggung jawab ini. Pastikan untuk mendiskusikan dengan pasangan Anda sebelumnya tentang tanggung jawab masing-masing individu dalam kemitraan diam-diam.

Kemitraan tanggung jawab terbatas

Kemitraan tanggung jawab terbatas (LLP) memberi bisnis tanggung jawab terbatas yang sama dengan yang ditemukan di perseroan terbatas (LLC). Perlindungan ini memastikan bahwa aset pribadi dan profesional tetap terpisah. Barang-barang pribadi mitra, seperti rumah dan mobil, tidak akan digunakan oleh mitra untuk membayar hutang bisnis, misalnya.

Anda mungkin perlu menentukan apakah profesi Anda memungkinkan Anda untuk bergabung di bawah LLP. Struktur kemitraan ini disediakan untuk para profesional dalam profesi berlisensi oleh negara. Pikirkan dokter, pengacara, akuntan, dokter gigi, apoteker dan psikolog, untuk menyebutkan beberapa profesional berlisensi.

Baca Juga:  Bagaimana Bisnis yang Dipimpin Milenial Bisa Berhasil?

2. Buat perjanjian kemitraan tertulis.

Sekarang Anda sudah familiar dengan struktur entitas kemitraan, sekarang saatnya untuk menyusun perjanjian kemitraan tertulis.

Apa itu perjanjian kemitraan? Ini adalah dokumen yang membuat setiap mitra bertanggung jawab atas peran dan tanggung jawab mereka dalam kemitraan. Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda akan bekerja sama, tetapi seperti apa pekerjaan itu? Perjanjian kemitraan tertulis menguraikan klausul kemitraan berikut:

  • Istilah kemitraan. Ini adalah tanggal mulai resmi termasuk bulan, hari, dan tahun kemitraan. Kemitraan diharapkan berlanjut tanpa batas, kecuali tanggal penghentian ditentukan lain. (Mitra usaha patungan, misalnya, akan mencakup tanggal akhir tertentu).
  • Tanggung jawab. Peran yang dimainkan setiap mitra dalam kemitraan, serta tanggung jawab sehari-hari mereka, diuraikan dalam bagian ini.
  • Tanggung jawab. Peran yang dimainkan setiap mitra dalam kemitraan, serta tanggung jawab sehari-hari mereka, diuraikan dalam bagian ini.
  • Berapa banyak modal yang disumbangkan masing-masing mitra untuk kemitraan? Nyatakan jumlah penuh di bagian ini. Sertakan perincian tambahan tentang bagaimana, dan kapan, mitra harus dibayar, ketentuan untung dan rugi untuk masing-masing mitra, dan rekening tempat uang akan disimpan.
  • Menerima mitra baru. Apa aturan untuk menerima mitra baru ke dalam kemitraan? Bagian ini menguraikan proses penerimaan mitra baru dan peran yang akan dimainkan mitra di dalamnya.
  • Penarikan pasangan secara sukarela/tidak sukarela. Bagaimana jika seorang mitra meninggalkan kemitraan, atau tanpa sengaja pergi? Apa yang terjadi selanjutnya? Persyaratan harus diuraikan untuk proses penarikan. Dalam beberapa kasus, ini dapat menyebabkan pembubaran kemitraan.
Baca Juga:  Pilih Nama Bisnis Terbaik Anda

Apakah Anda memerlukan perjanjian kemitraan tertulis, atau dapatkah Anda melewatkan penyusunan dokumen ini?

Mitra sangat disarankan untuk membuat perjanjian kemitraan tertulis. Perjanjian lisan, yang kadang-kadang digunakan sebagai pengganti perjanjian tertulis, dapat menimbulkan komplikasi dalam kemitraan. Misalnya, mungkin menjadi terlalu sulit untuk mengingat tanggal yang tepat ketika istilah-istilah tertentu diberlakukan.

Bagaimana jika status formasi Anda menanyakan tentang perjanjian kemitraan tertulis? Tidak dapat membuat perjanjian kemitraan tertulis dapat menempatkan entitas kemitraan Anda ke dalam air panas. Ini dapat menyebabkan bisnis Anda kehilangan kredibilitasnya dan berpotensi jatuh ke dalam reputasi buruk di mata negara.

3. Dapatkan EIN.

Sebelumnya, saya menyebutkan bahwa lebih dari 3,2 juta aplikasi EIN telah diajukan pada tahun 2020. Apa peran EIN dalam keberhasilan kemitraan bisnis?

IRS mengeluarkan EIN untuk membantu mengidentifikasi akun pajak perusahaan dari bisnis. Banyak pemilik bisnis menggunakan nomor Jaminan Sosial mereka pada dokumen bisnis. Dalam kemitraan, bagaimanapun, ini tidak layak. Kemitraan mencakup setidaknya dua mitra, atau pemilik. Oleh karena itu, EIN harus digunakan dan diajukan oleh setidaknya satu mitra sebelum meluncurkan kemitraan.

Seiring waktu, Anda dapat membuat perubahan kecil dalam kemitraan Anda. Amandemen dapat dilakukan pada perjanjian kemitraan tertulis, mitra baru dapat diterima, dan bisnis itu sendiri dapat menuju ke arah yang baru dan menarik. Diskusikan semuanya dengan pasangan Anda. Tinjau dan pilih bersama dalam segala hal sebelum melangkah maju dan nikmati kerja tim yang terjalin dalam kemitraan membawa Anda dan mitra dalam bisnis.