Siapa pun yang tahu cara membuka restoran akan memberi tahu Anda memulai bisnis di bidang jasa makanan adalah kerja keras. Bahkan, hanya Google “buka restoran”, dan Anda akan melihat bahwa hampir setiap cerita yang muncul dimulai dengan peringatan bahwa waktu dan energi yang dimasukkan ke dalam usaha semacam ini tidak selalu terbayar.

Kenyataannya adalah bahwa sebagian besar restoran gagal selama tahun pertama mereka, seringkali karena kurangnya perencanaan. Tapi itu tidak berarti restoran Anda harus memiliki serangkaian prosedur operasional yang rumit yang melarang Anda untuk membuat kemajuan.

Membuka dan menjalankan restoran bisa sangat bermanfaat dan menguntungkan ketika Anda menggabungkan dedikasi dengan makanan enak, layanan terbaik, dan kecerdasan bisnis. Berikut adalah dasar-dasar cara membuka restoran:

Mengatur Panggung

Seperti halnya ide bisnis apa pun, terutama restoran, penting bagi Anda untuk mengomunikasikan visi Anda dalam rencana bisnis. Rencana bisnis ini harus menguraikan seluruh konsep restoran Anda, serta analisis pasar dan pemahaman tentang pesaing Anda, deskripsi pelanggan target Anda, rencana pemasaran dan/atau strategi penjualan, deskripsi manajemen, organisasi, dan operasi, dan proyeksi keuangan.

Jangan lupa bahwa jika Anda mencoba menyenangkan semua orang, Anda tidak akan menyenangkan siapa pun. Tidak ada restoran yang memiliki daya tarik universal. Anda akan mempersiapkan diri untuk sukses ketika Anda merampingkan upaya Anda dan mencoba untuk membuat pengalaman yang sempurna untuk pasar yang lebih kecil dan ditargetkan yang dapat Anda tangkap.

Selama fase awal penelitian dan perencanaan, Anda juga perlu melihat persyaratan peraturan, baik secara lokal di kota tempat Anda berencana membuka restoran, dan di tingkat negara bagian. Anda harus terbiasa dengan kode bangunan, lisensi minuman keras, kode kesehatan, dan peraturan lain yang mengatur cara restoran Anda akan beroperasi.

Mencari Tahu Konsep Anda

Memutuskan jenis restoran yang akan Anda buka bergantung pada beberapa hal. Sepertinya Anda ingin menyajikan jenis makanan yang Anda sukai saat dimasak dan ingin nuansa restoran Anda mencerminkan pengalaman bersantap yang akan Anda nikmati secara pribadi. Jika Anda lebih tertarik dan terampil di bagian depan operasi rumah, Anda mungkin ingin membuka restoran yang memenuhi kebutuhan di lokasi tertentu atau yang mungkin menangkap tren makanan baru yang sedang berkembang.

Konsep Anda harus mudah dikomunikasikan; inilah yang memberi pelanggan gambaran tentang makanan yang dapat mereka harapkan dan pengalaman yang akan mereka miliki bahkan sebelum mereka berjalan di depan pintu Anda. Konsep Anda juga akan menentukan struktur restoran Anda, dan saat memetakan operasi dan biaya Anda, Anda akan tahu harus mulai dari mana.

Temukan Lokasi

Keberhasilan banyak restoran baru bergantung pada lokasi pendirian. Saat mencari lingkungan dan real estat yang sempurna, pastikan untuk mempertimbangkan populasi daerah tersebut, baik dalam jumlah maupun gaya. Pertimbangkan aksesibilitas lokasi Anda dan lakukan riset untuk melihat apakah konsep Anda adalah sesuatu yang akan berhasil dan persaingan rendah di area yang Anda targetkan.

Setelah Anda menentukan lokasi di kota atau kota tertentu, Anda harus mempertimbangkan opsi real estat Anda. Bekerja dengan broker real estat komersial berpengalaman untuk menegosiasikan sewa terbaik untuk restoran Anda. Atau, Anda mungkin merasa bahwa membeli properti lebih sesuai dengan tujuan Anda. Jangan lupa bahwa selain ruang makan dan dapur, Anda akan memerlukan area untuk penyimpanan makanan, tugas administrasi, toilet, dan pencuci piring.

Saat mencari lokasi yang tepat, pertimbangkan desain ruang makan Anda. Pencahayaan, dekorasi, furnitur, dan tata letak semuanya memainkan peran penting dalam bagaimana Anda ingin pengunjung merasakan makan di restoran Anda.

Merancang Menu

Sepertinya Anda sudah mulai merencanakan menu Anda saat ini, tetapi sekaranglah saatnya untuk merinci daftar lengkap pilihan makanan Anda. Musim dan tema restoran pasti akan memengaruhi pilihan Anda, dan Anda harus mengikuti tren makanan dan pilihan populer agar pelanggan tetap datang kembali.

Mengetahui cara menentukan harga menu adalah faktor penting lainnya dalam memilih item menu sambil meningkatkan margin keuntungan Anda. Kontrol biaya dan porsi makanan adalah dua pertimbangan utama dalam memastikan Anda menetapkan harga menu dengan benar. Anda juga ingin memiliki keseimbangan yang dapat diprediksi dari makanan mahal dan murah yang tersedia bagi mereka yang makan di restoran Anda.

Mendapatkan Peralatan yang Tepat

Item menu Anda juga akan menentukan pembelian peralatan, persediaan, dan makanan yang mudah rusak. Melengkapi dapur dan ruang makan restoran Anda dapat menghabiskan sebagian besar anggaran Anda. Anda harus dapat menemukan penawaran untuk peralatan bekas dan peralatan sewaan tersedia baik secara online, atau melalui pedagang grosir peralatan Anda.

Terhubung dengan Penjual Makanan

Seperti halnya kemitraan bisnis apa pun, yang terbaik adalah bekerja dengan penjual makanan yang bekerja dengan baik dan Anda merasa nyaman. Penjual makanan Anda akan bertanggung jawab untuk mengirimkan makanan dan persediaan dengan harga yang ditentukan sesuai anggaran Anda. Seperti yang telah kami peringatkan sebelumnya, kualitas makanan akan tercermin dalam harga, jadi Anda tidak ingin membuat keputusan yang hanya didasarkan pada angka. Untuk membuat keputusan tentang vendor makanan terbaik untuk kebutuhan Anda, bicarakan dengan mereka tentang spesifikasi produk, tanggal pengiriman, dan syarat pembayaran. Anda juga ingin bekerja dengan seseorang yang fleksibel dan konsisten.

Mempekerjakan untuk Sukses

Menemukan kombinasi staf yang tepat sangat penting untuk restoran baru Anda. Anda pasti ingin memiliki pegangan yang baik tentang apa kekuatan dan kelemahan Anda sendiri, dan mencari cara untuk menyewa untuk mengisi kesenjangan. Jika Anda seorang koki, makanan Anda yang luar biasa harus dilengkapi dengan layanan yang luar biasa. Pekerjakan manajer umum penuh waktu untuk mengatur kebutuhan di depan rumah, baik dari perspektif persediaan maupun dari perspektif operasi dan kepegawaian. Mempekerjakan pekerja berpengalaman di bidang memasak, bartending, dan staf ruang makan sangat penting untuk membuat restoran Anda berjalan dengan benar.