Perbedaan antara merger dan akuisisi

Merger dan akuisisi serupa tetapi memiliki beberapa perbedaan utama.

Merger menggabungkan dua bisnis terpisah menjadi satu badan hukum baru. Merger sejati jarang terjadi karena jarang ada dua perusahaan yang setara untuk saling menguntungkan dari menggabungkan sumber daya dan staf, termasuk CEO mereka.

Tidak seperti merger, akuisisi tidak menghasilkan pembentukan perusahaan baru. Sebaliknya, perusahaan yang dibeli akan diserap sepenuhnya oleh perusahaan yang mengakuisisi. Terkadang ini berarti perusahaan yang diakuisisi akan dilikuidasi. Mengakuisisi bisnis mirip dengan membeli bisnis atau waralaba yang sudah ada.

Hitung berapa nilai bisnis lainnya

Lakukan penilaian bisnis untuk menentukan nilai bisnis lain sebelum Anda menyetujui penjualan. Ini pada dasarnya adalah proses yang sama yang akan Anda lalui untuk mengetahui berapa nilai bisnis Anda sendiri sebelum menutup atau menjual bisnis Anda.

Ada beberapa cara untuk menilai bisnis, jadi lakukan penelitian ekstensif tentang metode jika Anda memilih untuk melakukannya sendiri. Anda mungkin ingin menyewa penilai bisnis yang berkualifikasi. Setelah Anda tahu berapa nilai bisnis lain, Anda akan tahu apakah Anda mampu membelinya langsung atau jika Anda perlu mendapatkan lebih banyak dana.

Membuat perjanjian merger atau akuisisi

Anda harus menyiapkan perjanjian penjualan untuk melanjutkan penjualan atau merger. Dokumen ini memungkinkan untuk pembelian aset atau saham perusahaan. Seorang pengacara harus meninjaunya untuk memastikannya akurat dan komprehensif.

Daftar semua inventaris dalam penjualan bersama dengan nama bisnis dan pemiliknya. Isi detail latar belakang yang relevan. Tentukan bagaimana bisnis akan dijalankan sebelum ditutup dan tingkat akses yang dimiliki setiap perusahaan terhadap informasi keuangan. Catat semua penyesuaian, biaya broker, dan aspek lain yang relevan dengan ketentuan perjanjian.

Jangan tinggalkan aset dan kewajiban apa pun, atau ini dapat menimbulkan masalah bahkan setelah penjualan selesai.

Transfer kepemilikan bisnis

Persyaratan perjanjian Anda akan menentukan langkah mana yang harus Anda ambil untuk mentransfer kepemilikan, dan seperti apa bentuk kepemilikan itu. Secara luas disarankan untuk meminta bantuan pengacara dengan langkah ini.

Setelah Anda menyelesaikan akuisisi atau merger, Anda harus mendaftarkan perubahan ini ke negara bagian, bergantung pada undang-undang negara bagian dan struktur bisnis.

Jika merger mengharuskan Anda untuk membubarkan perusahaan asli Anda dan membuat yang baru, Anda mungkin juga perlu membuka rekening bank bisnis baru, mendapatkan ID pajak negara bagian dan federal baru, mengajukan kembali lisensi dan izin, dan mengambil langkah-langkah untuk menutup bisnis Anda secara legal.